Kamis, 09 Juli 2015

Surat Cinta untuk Tokoh Fiksi

Teruntuk Benny Kurniawan,
Dari novel "Stay With Me Tonight" karya Sofi Meloni

To Benny,
My dearest best friend

Hai, Ben. Udah lama kita gak ketemu ya? Hampir enam bulan aku gak ketemu sama kamu. Dulu, aku ingat banget kalau kamu itu hancur banget karena kehilangan seseorang (lagi). Aku ingat juga saat terakhir kali ketemu kamu di acara reuni SMA kita, kamu kacau banget. Terlalu banyak minum sampai-sampai Yuana harus mengantar kamu pulang. Kamu itu benar-benar merepotkan ya!



Aku sempat mendengarkan curcol kamu dan Yuana saat aku mengunjungi apartemen kamu. Dua kata yang pas saat aku melihat kondisi apartemen kamu: Kapal Pecah. Aku bahkan baru pertama kalinya melihat Yuana, teman baik kita sejak kecil, pasrah terhadap kondisimu. Karena hanya tersisa aku sebagai teman yang sudah melalui suka dan duka selama dua dekade lebih bersamamu, akhirnya aku pun mendengarkan ceritamu mengenai Ayu, wanita yang baru kamu sadari bahwa kamu sungguh-sungguh mencintainya.

Sejujurnya, aku ingin memarahimu waktu itu. Kenapa kamu baru menyadari bahwa kamu mencintainya saat waktu sudah tidak memungkinkan? Dan mungkin juga itu merupakan saat-saat terakhirmu bertemu dengannya.

Kenapa kau tidak memaksimalkan waktu bersama dengan dirinya? Kenapa kau tidak menanyakan dimana dia kuliah, sehingga kau bisa mengunjunginya? Apakah sebegitu bodohnya dirimu sehingga hal-hal dasar seperti itu saja kau tidak tahu? Jika kau menanyakan dimana dia kuliah, setidaknya kau tidak perlu susah-susah mencarinya hingga lima tahun bukan?

Tapi, saat itu aku menyadari bahwa kau benar-benar jatuh cinta pada dirinya. Kamu seperti balik lagi menjadi ABG labil saat tidak menemukan dirinya. Aku ingat sekali kamu benar-benar menjadi gila.

Untung saja kamu dan Ayu sudah bersama kembali. Saat aku bertemu dengannya saat makan malam yang kamu adakan di restoranku, aku sudah merasa bahwa dia sangat cocok denganmu. Dia adalah soulmate-mu yang sudah ingin kau temukan sejak masih bau kencur dulu.

Aku harap kamu tidak membiarkan orang yang kau cintai pergi untuk kedua kalinya. Karena aku tidak akan ada orang yang membantumu lagi, karena Yuana yang sedang sibuk dengan kandungan keduanya dan aku yang sedang mempersiapkan pernikahanku dengan Ditto walaupun baru bertemu tujuh bulan yang lalu.

Dunia ini sungguh kecil. Aku bertemu dengan Ditto di sebuah acara kantor dan aku langsung jatuh cinta padanya.Oke, mungkin aku tidak langsung jatuh cinta padanya, tetapi aku tertarik pada dirinya. Lalu, aku kembali bertemu dengan dirinya di acara pernikahan kamu dan Ayu. Dia menceritakan kepadaku mengenai perasaannya pada Ayu namun terbalas dengan kenyataan bahwa Ayu mencintai dirimu. Dia bukanlah cinta pertamaku, namun dia adalah pemilik hatiku yang terakhir.

Mungkin kami pada dasarnya tertarik hanya karena mencintai seseorang yang telah menjadi pasangan yang cocok. Namun kami sadar bahwa ketertarikan akan cerita patah hati akan seseorang membuat kami akhirnya memutuskan untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih serius.

Aku tahu bahwa mungkin kau adalah orang yang tidak peka. Tapi, apa yang kumaksud pada pernyataan di atas secara tidak langsung mengatakan bahwa aku mencintaimu. Ben, kamulah cinta pertamaku. Sejak dulu, aku mencintaimu, tapi, aku tahu dimana posisiku dulu. Jika aku menyatakan perasaanku padamu dulu, mungkin persahabatan kita aku terputus dan aku tidak mau sampai hal tersebut terjadi.

Lebih baik aku memendam perasaan ini daripada aku harus mengorbankan persahabatan kita. Tetapi, itulah sebabnya aku mengatakan bahwa aku dan Ditto saling tertarik akibat sebuah pertemuan yang tidak terduga. Terima kasih Ben. Dan juga istrimu. Berkat kalian aku akhirnya menemukan pemilik hatiku yang SEBENARNYA setelah 33 tahun melajang. Aku masih ingat kok kalau aku lebih muda dua tahun daripada dirimu.

Oh ya, aku juga sedang menunggu berita kehamilan dari Ayu setelah kalian menikah hampir enam bulan. Awas saja sampai akhir tahun aku masih belum mendapatkan bertita tersebut dari kalian. Aku tahu mungkin kalian masih trauma dengan kejadian tujuh tahun yang lalu, namun apa yang terjadi di masa lalu haruslah menjadi masa lalu saja.

P.S. = あなたは私の最初の愛です
Silahkan membuka google translate karena aku tahu bahwa kamu tidak bisa bahasa Jepang sama sekali. *tertawa sinis*. Aku tahu kok kalau kamu selalu mendapatkan nilai paling rendah di pelajaran bahasa Jepang saat kita sekolah dulu.

Jangan sampai Ditto atau pun Ayu melihat surat ini. Bisa-bisa besok ada berita di koran yang mengatakan bahwa tunangan seorang pemilik perusahaan dibunuh oleh tunangannya sendiri.


Your best (girl) friend,

Pricillia Agnes.

Pilihan hadiah:
Novel Gerimis Bumi Karya Catz Link Tristan atau Novel Akulah Arjuna Karya Nima Mumtaz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar