Senin, 17 Agustus 2015

Review Novel Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar Karya Alberthiene Endah

Cover lama (cetakan pertama - kelima belas)

Cover baru (cetakan keenambelas - sekarang)
Penulis: Alberthiene Endah
Tebal: 367 halaman
Terbit: September 2011, Cetakan pertama (cover lama)
           Januari 2015, Cetakan ketujuhbelas (cover baru)
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Harga: Rp. 95.000
                                                                          ***
Dari seorang mahasiswa dengan ekonomi pas-pasan, Merry Riana, anak muda Indonesia, menjelma menjadi miliuner muda dan diakui sebagai pengusaha sukses, motivator yang sangat dinamis, serta pengarang buku terlaris di Singapura.  Melewatkan masa kuliah yang penuh dengan keprihatinan finansial di Nanyang Technological University, Merry kemudian menciptakan perubahan paradigma berpikir dan memulai suatu perjuangan dengan konsep dan etos kerja keras luar biasa. Akhirnya, dia berhasil meraih penghasilan 1 juta dolar di usia 26 tahun. Kini Merry ingin menciptakan dampak positif di dalam kehidupan banyak orang, terutama di Indonesia.

Buku ini berisi pengalaman perjuangan Merry beserta hikmah yang sangat inspiratif dan bisa diterapkan untuk mencapai sukses dalam kehidupan.
                                                                          ***

Saya habiskan 7 jam membaca buku ini.Buku ini merupakan jenis buku motivasi, yang mendorong seseorang untuk membakar bara semangatnya menjadi aksi. Buku untuk kalian yang butuh dorongan tersendiri untuk mencapai suatu tujuan tertentu, tentunya tujuan baik. Itulah yang saya rasa ketika saya membaca buku ini. Saya terdorong untuk melakukan satu tujuan baik.

Saya pertama kali mengenal sosok Merry Riana dari acara Kick Andy di Metro TV pada tahun 2011 tahun, saat saya masih sekitar 8-9 tahun. Saat itu saya terpukau dengan sosok seorang Merry Riana. Hebat sekali beliau. Seorang Indonesia, tepatnya wanita Indonesia, yang membuat nama Indonesia harum di negara tetangga, Singapura.

Sebenarnya, beliau sudah terkenal sejak 2006 silam, tepatnya saat beliau mendapatkan 1 juta dolar dari hasil kerja keras bersama timnya selama 1 tahun. Bayangkan, di negeri orang lain, kalian dapat mengharumkan nama bangsa dengan cara bekerja keras mendapatkan 1 juta dolar! Sungguh luar biasa dan menggagumkan.

Buku Mimpi Sejuta Dolar menceritakan tentang kehidupan Merry Riana saat beliau masih berkuliah di NTU pada tahun 1998-2002. Beliau yang merupakan lulusan SMA Santa Ursula pada awalnya berniat untuk melanjutkan studi di Universitas Trisakti, namun Tragedi 1998 menyebabkan Merry harus kuliah di luar negeri, karena pada saat itu kondisi negara sedang tidak stabil.

Dengan modal kerja keras, tekad yang kuat, dan mimpi yang besar, Merry yang seorang diri kuliah di NTU dengan susah payah. Hutang pada DBS sebesar $40.000 (Rp. 300 juta pada saat itu) dan dibekali $10/ minggu sebagai uang jajan, Merry berniat untuk mendapatkan kebebasan finansial sebelum umurnya 30 sebagai wish-nya pada ulang tahun ke-20 beliau!

"You can take me out from Indonesia, but you can never take Indonesia out from me."-Merry Riana

Begitulah kalimat yang akan selalu menghiasi cover buku Merry Riana, entah buku "Mimpi Sejuta Dolar" atau pun "Langkah Sejuta Suluh". Beliau selalu mengingatkan kita walaupun tidak berada di dalam negeri sendiri, kita tetap bisa berkarya dan masih membawa nama bangsa.
Buku ini mengajarkan kita untuk terus bekerja keras. Yang pastinya, buku ini cocok untuk para pengusaha atau pun pembaca muda (target pembaca) generasi Indonesia, untuk terus meningkatkan kualitas negara Indonesia menjadi lebih baik.

Selain itu, buku ini juga ada versi komik atau bahasa kerennya graphic novel. Nah, kalau buku ini cocok untuk kalian yang gak terlalu suka baca novel tebal.


Penulis: Mike Kusika
Tebal: 188 halaman
Terbit: Desember 2014, Cetakan Pertama
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Harga: Rp. 138.000












Ada juga nih versi kumpulan pertanyaan dan jawaban dari buku Mimpi Sejuta Dolar.

Penulis: Merry Riana
Tebal: 436 halaman 
Terbit: Februari 2013, Cetakan pertama 
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Harga: Rp. 73.000 


MD Pictures juga telah membuat adaptasi film dari buku ini berjudul "Merry Riana:Mimpi Sejuta Dolar" yang tayang pada tanggal 24 Desember 2014 serentak di seluruh bioskop Indonesia. 


Review film menyusul. 



4.5 stars out of 5 for this book.
  



1 komentar: