Sabtu, 08 Agustus 2015

Review Novel Stay With Me Tonight Karya Sofi Meloni

Cover Stay With Me Tonight
Penulis: Sofi Meloni
Tebal: 272 halaman
Terbit: 8 Juni 2015, Cetakan pertama
Penerbit: Elex Media Komputindo
Editor: Afrianti P. Pardede
Harga: Rp. 53.800

                                                       Warning! Novel Dewasa
                                                 ***


Mereka bilang hbungan di atas tempat tidur dan cinta itu dua yang berbeda. Katanya lagi hubungan intim bisa dilakukan dengan ataupun tanpa cinta. 
Dengan cinta? Bullshits...!
Cinta itu hanya ada di cerita dongeng belaka, setidaknya itu yang kupercaya sampai aku bertemu dengannya....

Mungkin perremuan kami diawali dengan cara yang salah dan mungkin juga pada dasarnya dua orang yang sama-sama terluka tidak seharusnya bersama. 

Pada akhirnya kami harus mengakui kalau kami adalah dua orang yang salah untuk satu sama lain. 

-Ayu-
                                                                       ***
Ayu adalah seorang wanita berumur 24 tahun yang menjadi wanita bayaran seorang lelaki yang tidak dikenalnya di kamar apartemen bernomor 1109.  Menjadi orang asing untuk satu sama lain.
Hingga suatu kejadian, Ayu yang saat itu merasa nyaman berada dengan lelaki asing di apartemen 1109, bertemu kembali dengan bayang-bayangnya yang hilang selama 2 tahun ini. Pada suatu hari, Ayu menemukan lelaki di kamar 1109 tergeletak begitu saja.
Dibawalah lelaki tersebut ke rumah sakit, dan menemukan bahwa lelaki asing tersebut bernama Benny Kurniawan.

Ayu pun diberi pilihan yang sulit. Bersama dengan sahabat masa lalunya atau menjalankan kehidupan dengan seorang Benny Kurniawan?
Buku saya beserta dengan gambar cover "Stay With Me Tonight"
                                                                       ***


Saya membaca "Stay With Me Tonight" sebelumnya di situs Wattpad pada tahun 2014 dengan judul "Sleep With Me Tonight". Saya suka dengan alur ceritanya mengenai wanita yang menurut saya independen. Oleh sebab itu, saya dengan antusias menunggu kelanjutan cerita tersebut. Sampai suatu hari, sang author, @rain.hujan atau Kak Sofi mengumumkan bahwa "Sleep With Me Tonight" akan naik cetak dan kemungkinan akan terbit pertengahan tahun 2015.

Saya sebagai pembaca tentu senang sekali cerita yang saya sukai akhirnya naik cetak. Sebenarnya, cerita di Wattpad sudah pada bagian akhir-akhirnya. Oleh sebab itu, saya membeli buku ini untuk menghapus rasa penasaran saya akan kelanjutan dari cerita ini.

Saya sebenarnya ingin mem-PO buku ini. Namun sayangnya, orangtua saya tidak membolehkan membeli buku lewat online lagi. Jika saya sampai ketahuan, bisa-bisa saya tidak boleh membeli buku lagi. Singkat kata, setelah saya pulang saya mampir ke Gramedia dan langsung mencari buku "Stay With Me Tonight" pada tanggal 17 Juni 2015 lalu. Saya menyelesaikan buku ini dalam waktu 1 minggu karena mood baca saya yang suka naik turun.

Karena buku ini sebelumnya berada di Wattpad, tentunya saya sudah membaca sebagian besar dari buku ini. Tetapi, sebagai pembaca setia, saya membaca ulang buku ini dari awal dan men-stabilo kalimat-kalimat yang menurut saya menarik.
                                                                           ***


Buku ini secara garis besar sangat eye catchy terlihat dengan covernya yang didominasi oleh warna dark blue, setting perkotaan, dan keterangan waktu yang menunjukkan malam tiba dengan adanya bulan sabit yang bersinar. Selain itu, tulisan "Stay With Me Tonight" yang sangat menggoda dan nama "Sofi Meloni" tentu outstanding dengan warna font putih yang bersinar di atas warna dark blue, violet, dan ungu.

Begitu juga dengan sinopsis yang pasti akan membuat pembaca mengetahui bahwa buku ini memang dimaksudkan untuk para pembaca dewasa. Walaupun saya sebenarnya belum dewasa sih.

Cerita dalam buku dibagi menjadi dua POV, POV Ayu yang paling banyak mendominasi dan POV Benny yang dapat dihitung jari. Buku ini dibagi menjadi dua bagian dan selalu diwakilkan oleh kalimat-kalimat yang sangat ngena. Selain itu, di setiap babnya, terdapat juga kalimat atau pun kutipan yang terdapat di dalam bab tersebut. Pokoknya, buku ini perfect dalam segi pemilihan kata-kata, terutama kutipan manis dan spicy.

Bagi saya, yang jarang membaca buku dewasa, tentu cerita yang digarap dalam bentuk novel ini jarang atau pun belum pernah saya dengar, maka dari itu saya memberikan nilai plus untuk alur ceritanya dan walaupun melompat-lompat, namun tetap mengisi kekosongan dalam cerita masa lalu setiap karakternya. Setiap jati diri tokoh dalam buku ini diungkap secara perlahan-lahan dan tidak diumbar secara langsung.

Seharusnya cerita yang sebelumnya sudah terbit di dalam sebuah situs Wattpad akan lebih bagus penggunaan EYD dan penempatan kata-kata dalam sebuah kalimat. Namun, dalam buku ini, saya masih menemukan kekurangan tersebut.
Contoh:
"Apakah aku memang harus menerima kenyataan kalau tidak ada lagi orang yang peduli dengan apa yang terjadi pada diriku." (Hal. 22)
Opini saya sebagai pembaca seharusnya tanda baca yang mengakhiri kalimat tersebut diakhiri dengan tanda tanya "?" karena kata awalnya yang merupakan kata "Apakah".

Di buku ini, saya juga masih menemukan beberapa typo yang cukup disayangkan dan untungnya tidak merusak suasana-suanana yang bagi saya sangat berarti. Opening dan ending dari buku ini tentu berbeda 180 derajat dan konflik dalam buku ini sangat memanaskan hati para pembaca untuk cepat-cepat membuka halaman selanjutnya untuk mengetahui keadaan mereka secara lebih lanjut.

Jika ditanyakan, scene apa yang paling saya suka dari ini, maka scene di taman bermain (Bagian 1) dan di pantai (Bagian 2) yang paling saya sukai. Mengapa? Karena dari sebegitu banyak scene dalam buku ini, pembaca seperti saya dibawa naik dan turun pada bab-bab ini saja.

Hal yang sangat disayangkan dalam buku ini adalah nama karakter utama, Benny. Kenapa namanya harus Benny? Saya pikir nama Benny kurang cocok untuk karakter lelaki utama dalam buku #StayWithMeTonight ini.

Buku ini juga tidak gampang tertebak, sehingga para pembaca buku setia harus memerhatikan setiap bagian dari buku ini secara detail. Font dalam buku ini juga seharusnya diganti menjadi Garamond atau Helvetica, karena menurut saya Times New Roman kurang membuat para pembaca tertarik, dikarenakan jenis tulisan ini sering digunakan, sehingga ada kemungkinan para pembaca akan menjadi bosan.
                                                                     ***

Secara overall, buku ini mendapatkan 4/5 stars dari penilaian saya. Yang perlu ditingkatkan buku ini dalam cetakan ulangnya adalah jenis font dalam buku ini dan beberapa typo serta EYD yang perlu diperbaiki.

Saya juga ingin mengucapkan selamat kepada Kak Sofi yang berani menggunakan namanya sebagai penulis dari buku ini dan juga karena Stay With Me Tonight akan dicetak ulang!! Untuk para pembaca yang masih penasaran, dapat melihat Book Trailernya terlebih dahulu:

"Maturity is not defined by age, it's defined whether our psychological mental can endure it." (Anonymous)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar