Senin, 05 Oktober 2015

Review Novel Andy Noya: Kisah Hidupku Karya Robert Adhi Ksp.


Penulis: Robert Adhi Ksp.
Tebal: 418 halaman
Terbit: Agustus 2015, Cetakan pertama
           Agustus 2015, Cetakan ketujuh
Penerbit: Penerbit Buku Kompas
Harga: Rp. 88.000
                                                                       ***
Empat tahun lamanya, Andy F. Noya dibujuk untuk mengungkapkan kisah kehidupannya di balik layar televisi. Jika selama ini dia selalu mengangkat kisah hidup orang lain, yang menginspirasi jutaan penonton Kick Andy, lalu mengapa dia sendiri menghindar mengungkapkan kehidupan pribadinya?

Setelah melalui diskusi panjang, akhirnya pria berdarah Ambon-Belanda-Jawa-Portugis ini bersedia terbuka masa kecilnya yang kelam, masa-masa sulit di Surabaya, perpisahan ayah-ibunya, masa remaja di Papua, kuliah yang tidak tuntas, kisah percintaannya yang jenaka, dan perjuangannya menapak karier sebagai jurnalis.

Membaca kisah perjalanan hidup pembawa acara Kick Andy ini, kita akan banyak menemukan kejutan-kejutan yang tidak terduga. Banyak cerita di buku ini yang belum terungkap ke publik. Dengan gaya penuturan "aku", Anda merasa bukan membaca sebuah biografi, melainkan kisah hidup yang membuat Anda yakin setiap orang, termasuk Anda, berhak atas kehidupan yang lebih baik.
                                                                       ***


Awalnya, saya berniat untuk membeli buku ini, namun karena kantung anak sekolah yang pas-pasan, dan saat itu saya melihat buku terlihat ada di pajangan buku baru di perpustakaan sekolah saya, langsung saja saya mengurungkan niat untuk membelinya dan meminjamnya. Butuh waktu 9 jam untuk menyelesaikan buku ini.

Terdapat 11 bagian dalam buku ini yang menjadi sub-bagian lagi dalam buku ini, jadi rasanya tidak membosankan. Setiap bagian memberikan waktu-waktu yang menjadi sejarah penting dalam kehidupan seorang Andy Noya. Dimulai dengan bab 1 yang menceritakan tentang masa kecilnya, ketika ia tinggal di Surabaya, tidak suka dengan jalur keturunannya karena suka menjadi bahan ejekan, Andy Noya yang terkena teluh, ayah dan ibunya terpisah, bertemu dengan kakeknya lalu tidak lama kemudian dibunuh, dan masih banyak lagi. Belum lagi masih banyak keseruan yang terdapat dalam buku ini.

Terdapat bagaimana cara Andy Noya bisa melewati fase "hidup dalam kekurangan" semasa kecil sama dewasanya, lalu menjadi jurnalis, dan sekarang menjadi pemred Metro TV, host Kick Andy, dan pemilik Kick Andy Foundation. Intinya, menjadi seseorang yang sukses di Nusantara. Banyak sekali tantangan yang dihadapi oleh Andy Noya selama hidupnya, menjadikannya pribadi yang tangguh.

Tidak hanya tulisan font yang sangat mendukung dan membuat saya addicted untuk membaca buku ini, terdapat juga foto-foto yang mendukung tulisan tersebut. Jadi, buku tersebut terasa sangat komplit untuk dibaca. Pasti, pembaca yang memang sangat suka dengan biografi atau pun sedang membutuhkan kekuatan dorongan, sebuah motivasi, atau pun bahkan motivator, dapat melihat kaca kehidupan seorang Andy Noya. Typo yang terdapat dalam buku ini tidak akan menghilangkan rasa penasaran para pembaca.

Di dunia maya pun, atau lebih tepatnya YouTube, untuk para pembaca yang tidak sempat melihat wawancara Sarah Sechan kepada Andy Noya dalam Kick Andy yang membahas mengenai buku "Andy Noya: Kisah Hidupku", dan membukanya di sini.

Ada pun juga wawancara Sarah Sechan dengan Andy Noya dalam acara Sarah Sechan, coba tebak, dimana nama saya berada dalam video tersebut?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar