Minggu, 25 Oktober 2015

Review Novel Dunia Ajaib Chloe: Sukses Berbisnis Online Shop Karya Alberthiene Endah

Penulis; Alberthiene Endah
Tebal: 224 halaman
Cetakan: 1 Januari 2015, cetakan pertama
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Harga: Rp. 68.000
                                                                      ***
Seperti kebanyakan anak lainnya, Chloe Purnama menikmati masa kanak-kanak yang menyenangkan dalam sebuah keluarga yang hangat. Tetapi, kepergian Clida, salah satu adik kembarnya, akibat kanker ganas di otak sempat mengguncangkan keluarganya. Rasa kehilangan itu akhirnya terobati dengan semangat kebangkitan melalui kegiatan kemanusiaan.

Persentuhan dengan orang-orang sengsara mengalirkan makna yang dalam terhadap Chloe dan keluarganya. Aktivitas ini melahirkan sebuah semangat indah di dalam diri Chloe: ia ingin menolong orang tabf tak beruntung dengan uang hasil jerih payahnya sendiri.

Chloe kemudian memulai berbisnis online shop! Bisnis yang ia kira akan berjalan kecil-kecilan ternyata mampu menghasilkan omzet sampai ratusan juta rupiah hanya dalam dua tahun setelah ia memulainya. Dengan nalar murninya sebagai kanak-kanak, Chloe mampu menjalankan bisnis toko online dengan lincah, tanpa modal, terkelola rapi, penuh ide kreatif, dan tidak mengganggu sekolahnya.

Inilah buku inspiratif tentang semangat kebangkitan. Jika kita mampu menembus badai, kita akan semakin kuat, bahkan menemukan makna yang lebih indah di dalam hidup.

"Buku yang sangat mencerahkan! Bukan hanya menarik dibaca anak-anak dan remaja, tapi juga penting dibaca para orangtua. Sebagai seorang ibu dua putri dan nenek sekian banyak cucu, saya tahu bahwa mendidik anak tidaklah mudah. Tapi jika orangtua mampu memotivasi anak untuk menemukan makna hidup yang indah, anak akan berkembang ajaib melebihi yang kita duga."
- Eyang Titiek Puspa, penyanyi senior

"Buku ini mengajarkan sesuatu yang penting bagi anak-anak muda dan siapa pun pada hari-hari ini: Kreativitas tanpa batas. Pengalaman Chloe membuktkan bahwa usia bukanlah batasan untuk sukses di bisnis. Online atau kegiatan kreatif yang lain. Semoga buku ini bisa memberi inspirasi bagi generasi muda Indonesia untuk berkreasi positif menciptakan nilai tambah dalam hidup mereka."
-Mari Elka Pangestu, mantan Mentei Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
                                                                           ***



Saya mengetahui buku ini lewat acara Sarah Sechan yang berbincang-bincang dengan Chloe Purnama, pada 30 Maret 2015. Karena saya masih sekolah, saya menonton re-run-nya di YouTube. Saya sungguh terkejut dengan beliau, karena dapat menghasilkan omzet 600 juta ruiah dari bisnis online di umur 12 tahun. Saya menjadi malu sendiri, karena sudah 13 tahun namun belum bisa menghasilkan karya apa pun (Karena Chloe Purnama lebih tua satu tahun dari saya, saya akan memanggilnya 'Kak' dalam review buku ini).

Alasan saya membeli buku ini juga sesuatu yang sangat sederhana. Sekolah saya mengharuskan muridnya membaca dalam waktu Silent Reading, dan karena penasaran, langsunglah pada tanggal 27 Juli 2015 saya membeli buku ini.

Suatu hal diawali dengan kelahiran, dan itulah tema pertama yang dibahas dalam buku ini. Dengan menceritakan bahwa ibu Kak Chloe mengalami 'kesusahan' saat sedang mengandung anak pertamanya, Kak Chloe serta kelahirannya di negeri Paman Sam pada 18 Juli 2001. Kak Chloe dilahirkan di Amerika karena satu lain hal.

Lalu dengan kuasa Tuhan, mereka juga selamat dari kejadian 9/11. Selain menceritakan tentang Kak Chloe sendiri, disini beliau juga menceritakan tentang perjuangan ayahnya sehingga bisa menjadi sukses seperti sekarang. Dan juga spotlight dari buku ini, yaitu kelahiran adik kembar Kak Chloe, yang membangunkan semangat untuk membantu orang yang kurang beruntung di masa mendatang kehidupan mereka.

Di buku ini, selain diajarkan untuk berterima kasih atas kebaikan orangtua sehingga kita masih bisa hidup seperti sekarang, dan juga bersyukur atas berkat Tuhan Yang Maha Esa sehingga kita masih bisa menghirup oksigen sampai sekarang. Di beberapa halaman dalam setiap bab, ada beberapa kalimat yang disajikan dalam font yang berbeda, serta penampilannya seperti tulisan dalam post-it.

Buku ini sangat cocok untuk para generasi muda Indonesia, karena pasti setelah membaca kisah ini, akan membangkitkan semangat muda dalam diri kita. Buku ini juga cocok untuk kalian yang sedang mencari tips-tips untuk memulai usaha online shop.

Buku ini pasti akan menjadi 'sempurna', asalkan saya diberi tahu alasan mengapa ada banyak foto Kak Chloe yang menghiasi satu halaman penuh dalam buku ini, serta beberapa typo dalam buku ini.

Untuk kalian yang ingin melihat tayangan talkshow Sarah Sechan, dapat melihatnya di bawah ini.
4 stars out of 5 for this book.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar