Minggu, 04 Oktober 2015

Review Novel Flat Shoes Oppa Karya Citra Novy

Penulis: Citra Novy
Tebal: 218 halaman
Terbit: April 2015 (Cetakan Pertama)
Penerbit: Grasindo
Harga: Rp. 47.000
                                                                     ***
"Aku selalu berharap bisa menjadi flat shoes untuk melindungi langkahmu,menyertai langkahmu, mengetahui ketika kakimu berjinjit senang, bahkan ketika kakimu terjatuh dan sakit."

Kau tahu? Hampir setiap gadis yang kutemui mengatakan nyaman jika kakinya berada dalam sepasang flat shoes. Tanpa perlu paksaan untuk bertahan pada hak tinggi. Melemaskan kaki sesukanya, melangkahkan kaki sekencangnya hingga kau bisa berlari. Dan mulai saat ini, injak flat shoes-mu, buatlah kakimu nyaman melangkah. Jangan pedulikan dia terinjak, terkotori, berdebu, bahkan rusak. Karena flat shoes-mu adalah aku.

Aku mencintaimu. Ketika pertama aku melihatmu, aku benar-benar merasa bahwa aku mencintaimu. Aku selalu berharap bisa menjadi flat shoes untuk melindungi langkahmu, menyertai setiap langkahmu, mengetahui ketika kakimu berjinjit senang bahkan ketika kakimu terjatuh dan sakit. Semakin aku mencintaimu, aku semakin takut. Aku takut, ketika aku pergi, kau melangkah dengan kaki telanjang. Sesuatu yang tidak aku inginkan adalah... ketika langkahmu menyakiti dirimu sendiri karena aku yang sudah hilang...
                                                                   ***


Diawali pada 29 Agustus 2014, Lee Hyeon-Mi yang mabuk karena baru saja diputuskan oleh Jung So Ji datang ke toko sepatu, di sana dia mendamprat seorang pria bernama Cho Kyuhyun, yang ternyata merupakan atasannya di kantor. Cho Kyuhyun memiliki sekretaris bernama Moon Chaeri, yang memiliki perasaan kepada Cho Kyuhyun. Lee Hyeon Mi juga memiliki perasaan yang sama seperti Moon Chaeri kepada Cho Kyuhyun. Siapa yang Cho Kyuhyun pilih, dan mengapa Cho Kyuhyun memiliki rahasia yang tidak ingin sekali dia perlihatkan kepada Lee Hyeon Mi? Dan apakah Jung So Ji akan kembali memporak-porandakan hati Lee Hyeon Mi?
                                                                     ***



Awalnya saya membeli buku ini atas rekomendasi teman saya yang mengatakan bahwa cerita ini sangat bagus, maka terpancinglah rasa penasaran saya, dan pada 4 Juni tahun ini, saya membeli FSO. Cukup lama, bukan? Namun, saya bukanlah pembaca yang menyukai cerita dengan setting Korea Selatan, karena saya tidak menyukai buku yang menggunakan setting tempat yang menjadi trend sesaat. Lagipula, saya tidak mudah menghafal nama tokoh-tokoh menggunakan nama Korea, karena terlalu panjang dan ribet (no offense)

Tapi, cerita dalam buku ini menurut saya sweet, dan penanggalannya sangat detail, dimulai dari 29 Agustus 2014 sampai 30 November 2014. Cukup waktu yang singkat bukan? Cerita ini bisa dikatakan sebagai asam manis, belum lagi dengan cerita yang cukup mainstream di K-drama sekarang ini ditambahi sedikit bumbu. Penulisnya juga ingin membuat Korean taste dengan menggunakan nama panggilan seperti apa yang sering diucapkan orang-orang Korea, dengan penjelasan di bagian bawahnya.

Penulisan tempat-tempat di buku ini pun hanya dijelaskan sedikit-sedikit, jadi terlihat bahwa penulisnya hanya meminjam setting tempat, dan lebih terfokuskan pada kisah romansa dalam buku ini. Seakan setting tempat hanya merupakan tempelan saja. Dalam buku ini juga terdapat kalimat-kalimat yang sepertinya tidak selesai, contohnya di halaman 56 dan 199. Ada juga beberapa typo dalam buku ini. Karena buku ini menggunakan sudut pandang Lee Hyeon Mi dan juga Cho Kyuhyun, jadi tidak aneh melihat banyak sekali kalimat repetitif dalam buku ini. Tapi walaupun begitu, cover-nya sangat menarik dan juga ada aksen cute, elegant look.

Walaupun ceritanya mainstream, saya kasih thumbs up untuk bisa menerbitkan sebuah buku. Kemarin, saya melihat di Gramedia, ada buku kedua Kak Citra Novy sebagai salah satu pemenang PSA 3 di kategori Remaja berjudul "A Swing Time", namun saya rasa saya bukanlah seseorang yang akan menyukai buku Kak Citra, karena setting ceritanya sangat suka menggunakan Korea. Namun, itu tidak berarti saya melarang kalian untuk membacanya ya, apalagi buat kalian yang suka Korea Selatan, namun saya beri peringatan, buku ini tidak cocok untuk pembaca yang tidak menyukai sad ending.

3.5 stars out of 5 for this book.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar