Selasa, 22 Desember 2015

Review Novel Eleanor: Do You Want To Know A Secret Karya Arumi E.

Penulis: Arumi E.
Tebal: 264 halaman
Terbit: 5 Februari 2015 (Cetakan pertama)
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Harga: Rp. 58.000
Label: Amore
                                                                          ***
Impian Eleanor Saptajingga untuk mengunjungi London akhirnya terwujud saat diterima magang di Deluxe Boutique sebagai fashion designer. Baginya, London tak sekedar kota untuk merintis masa depan. Kota itu menyimpan kepingan masa lalu tentang jati dirinya, tentang ayahnya, pria Inggris yang meninggalkannya puluhan tahun lalu.

Penelusuran mencari jejak sang ayah mempertemukan Eleanor dengan Kyle Anderson. Pria itu mengajak Eleanor menelusuri sudut-sudut kota London hingga Liverpool, mengenalkan seni patung kontemporer yang memukau. Namun, ketika aromi cinta masih terasa manis, Eleanor mendapati kenyataan yang menyakitkan. Kyle ternyata menjalin hubungan dengan gadis lain demi membangun kembali kariernya sebagai pianis.

Saat-saat terpuruk ke jurang terdalam, Eleanor sadar tenyata Darrel Candranaya-lah yang selalu hadir di sisinya. Pria itu begitu tulus menawarkan perhatian dan mendukungnya. Tapi mampukah Darrel memperjuangkan cinta mereka? Karena ibu Darrel akan mati-matian memntang hubungan mereka.
                                                                        ***
Eleanor Saptajingga meninggalkan ibunya selama 1 tahun untuk menjadi pegawai magang di salah satu butik ternama di London, Deluxe Boutique. Darrel Candranaya merupakan atasan dan pengawasnya di butik tersebut. Keinginan Eleanor yang besar untuk menemui ayahnya malah membuatnya bertemu dengan Kyle Anderson, seorang pria yang berhasil membuat Eleanor jatuh hati padanya.

Kyle Anderson-lah yang membuat Eleanor bahagia sekaligus merasakan patah hati pertama kalinya. Setelah kejadian tersebut, Eleanor baru menyadari bahwa Darrel-lah yang selalu berada di sisi-nya, memberi kehangatan dan kenyamanan bagi dirinya. Saat menyadari bahwa ada perasaan di antara mereka berdua, ibu Darrel melarangnya! Mengapa ibu Darrel melakukannya? Dan apakah pencarian Eleanor menemui ayahnya berhasil?

                                                                       ***
Ini adalah cerita kedua Kak Arumi yang saya baca, buku pertama adalah buku Sakura Wish dengan nama pena 'Harumi Kawaii' yang berlatar tentang Jepang dan akhirnya saya suka dengan karya Kak Arumi. Saya baru pertama kali ini membaca karangan Kak Arumi dengan lini "Amore" karena cerita Sakura Wish bercerita mengenai remaja SMA, jadi seperti cinta monyet. Di buku ini, cerita romansanya lebih diperluas dan lebih mendalami mengenai 'cinta sejati'.

Sebenarnya, saya juga merasa bahwa tidak perlu menggunakan label Amore, karena saya yang masih remaja ini bisa menikmati buku ini, karena saya percaya tidak ada unsur dewasa untuk buku ini. Namun, saya rasa mungkin jika dibandingkan dengan buku TeenLit, maka dalam cerita Amore emosi kita dibawa naik turun dan secara psikologis, kita dapat melihat bahwa tokoh dalam cerita ini lebih dewasa dalam pemikirannya dan bijaksana.

Seperti buku berlini Amore biasanya, buku ini membahas mengenai romansa dan chemistry antara satu karakter dewasa dengan yang lain. Berlatar di Inggris, terutama di London dan juga Liverpool, yang memiliki kunci dalam cerita ini sekaligus kota The Beatles berasal. Dalam buku ini, kita diajak pergi ke tempat-tempat yang terkenal dan wajib untuk dikunjungi baik sebagai seorang turis maupun Beatlemania, jadi latar tempatnya tidak hanya tempelan saja.

Nama tokoh utama 'Eleanor' juga diambil dari salah satu lagu yang dibuat oleh The Beatles. Bahkan di Liverpool, kita diajak ke sebuah club yang merupakan replika tempat The Beatles manggung pertama kali. Selain itu, kita juga dijelaskan mengenai club tersebut dengan deskripsi singkat, sama seperti tempat-tempat yang akan dikunjungi dalam buku ini.


Selama membaca buku ini, dari awal sampai akhir, banyak hal yang tak terduga terdapat dalam buku ini. Buku ini juga tidak bertele-tele, sehingga penulis bisa menyampaikan ceritanya langsung to the point. Hanya satu hal yang buat saya kurang suka dengan bukunya, konfliknya belum mencapai klimaks dan membuat saya greget bacanya, saya masih mau baca lagi, karena konfliknya baru muncul 30 halaman sebelum buku ini habis.

Saya juga harus memberikan thumbs up kepada Kak Arumi karena berhasil buat emosi aku naik turun walau menggunakan sudut pandang orang ketiga. Jadi tolong dong Kak Arumi, bikin lagi lanjutan kisah antara Eleanor dan Darrel lagi. Saya masih ingin membacanya #balikketujuanutama.

3.9 stars out of 5 for this book.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar