Rabu, 23 Desember 2015

Review Novel Sunshine Becomes You Karya Ilana Tan

Cover lama
Cover baru
Penulis: Ilana Tan
Tebal: 432 halaman
Terbit: 2 Februari 2015 (cetakan pertama)
           Februari 2015 (cetakan kesepuluh)
           14 Desember 2015 (cetakan baru; ganti kaver)
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Harga: Rp. 85.000
Label: Metropop
                                                                       ***
Ini kisah yang terjadi di bawah langit New York...
Tentang harapan yang muncul di tengah keputusasaan...
Tentang impian yang bertahan di antara keraguan... 
Dan tentang cinta yang memberikan alasan untuk bertahan hidup. 

Awalnya, Alex Hirano lebih memilih jauh-jauh dari gadis itu - malaikat kegelapan yang membuatnya cacat.
Kemudian Mia Clark tertawa, dan Alex bertanya-tanya bagaimana ia bisa berpikir gadis yang memiliki tawa secerah matahari itu adalah malaikat kegelapan.

Awalnya, mati hitam yang menatapnya dengan tajam dan dingin itu membuat Mia gemetar ketakutan dan berharap bumi menelannya detik itu juga.
Kemudian Alex Hirano tersenyum, dan jantung Mia yang malang melonjak dan berdebar begitu keras sampai-sampai Mia takut Alex bisa mendengarnya.
                                                                     ***
Suatu kejadian membuat tangan kiri Alex Hirano terkilir, sehingga dia tidak bisa bermain piano selama dua bulan! Dan ini semua terjadi akibat Mia Clark, temannya Ray Hirano (adik Alex) yang terjatuh dari tangga di tempatnya mengajar tari. Karena tangan kiri Alex tidak bisa berfungsi untuk sementara, maka Mia Clark menjadi 'pesuruh' sambil merangkap 'pengurus rumah' a.k.a apartemen Alex selama dua bulan! Ray yang menyukai Mia awalnya tidak menyukai dengan sikap Alex yang tidak ramah kepada Mia, akhirnya menyadari bahwa semakin lama Alex menghabiskan waktu bersama Mia, dan Mia berhasil mencairkan 'dinginnya' seorang Alex.

Ketika Ray mulai menyadari bahwa Alex tidak hanya sekedar menggangap Mia sebagai penari yang bertalenta dan juga 'pembuat kopi yang baik' , apa yang akan terjadi dengan kakak beradik tersebut? Lalu ketika Alex mengetahui bahwa Mia memiliki penyakit, apakah Alex masih menganggap Mia sebagai 'pesuruh'nya dan sekaligus orang yang dekat dengannya? Atau Alex akan meninggalkannya?

                                                                         ***
Awalnya saya melihat buku ini di Gramedia awal Maret, dan saya lihat sinopsinya yang menurut saya mainstream romance dan harganya yang menurut saya cukup mahal untuk seorang pelajar seperti saya. Oleh sebab itu, saya renungkan niat saya untuk membeli Sunshine Becomes You. Lalu, saat pelajaran olahraga,saya mendengar teman saya yang merekomendasikan buku ini, katanya ceritanya bagus sekali walaupun bukunya tebal. Oleh karena itu, pada 6 April 2015 saya membeli buku ini, dan saya habiskan dua hari (weekend) untuk menyelesaikan buku ini karena Senin-Jumat saya full di sekolah.

Ceritanya menurut saya benar-benar bagus, walau menggunakan tema mainstream romance, namun pembaca bisa melihatya dari chemistry yang berhasil dibuat oleh Alex, Ray, Mia, dan juga Aaron (saya sengaja tidak memberi tahu siapa itu Aaron, biar pembaca yang belum membacanya menjadi penasaran dengan sosoknya) dan juga proses di antara para tokoh tidak dipaksakan, sehingga cerita bisa mengalir bagaikan air di sungai yang jernih nan bersih.  

Saya menyesal membaca ini untuk kedua kalinya. Kenapa? Karena ketika saya membaca untuk kedua kalinya, itu berarti saya akan menangis untuk kedua kalinya. Kak Ilana merupakan penulis Metropop kedua yang berhasil membuat saya menangis melalui karyanya dan juga merupakan penulis Metropop yang paling saya suka.

For future reader in mind, please do not judge a book by it's cover. Karena itulah yang saya alami saat membaca buku ini, cerita dalam buku ini tidak hanya mengenai happy times saja, namun juga ada sad times, yang juga bisa mengibaratkan kehidupan manusia tidak hanya senangnya saja, namun juga ada saat-saat dimana manusia mengalami waktu keterpurukan. Makasih juga untuk Kak Ilana yang berhasil mengobrak-abrik perasaan saya selama membaca buku ini.

Buku ini juga sudah difilmkan oleh Hitmaker Studios dan baru saja dirilis di seluruh Indonesia pada tanggal 23 Desember 2015! Maka dari itu saya membuat review ini spesial untuk merayakan perilisan film 'Sunshine Becomes You' di bioskop kesayangan anda di Indonesia. Tenang, saya tidak membuat ini karena saya dibayar atau apa, tapi kalau penerbit GPU mau memberikan saya buku kaver baru Sunshine Becomes You, saya dengan senang hati akan menerimanya, hitung-hitung hadiah natal #hiraukancurhatsangadmin.

Semoga saat saya menonton film ini, tidak banyak adegan original di novel yang hilang di dalam film tersebut.

4.9 stars out of 5 for this book. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar