Jumat, 02 Desember 2016

Review Novel Melbourne: Rewind Karya Winna Efendi

Kaver lama
Kaver baru

Penulis: Winna Efendi
Tebal: 340 halaman
Terbit: Juni 2013 (cet. pertama)
            2013 (cet. ketiga)
            Okt. 2016 (kaver film)
Penerbit: GagasMedia
Harga: Rp. 55.200 (bukabuku)
Label: Setiap Tempat Punya Cerita
                                                                              ***
Pembaca tersayang,

Kehangatan Melbourne membawa siapa pun untuk bahagia.

Winna Efendi menceritakan potongan cerita cinta dari Benua Australia, semanis karya-karya sebelumnya: Ai, Refrain, Unforgettable, Remember When, dan Truth or Dare.

Seperti kali ini, Winna menulis tentang masa lalu, jatuh cinta, dan kehilangan.

Max dan Laura dulu pernah saling jatuh cinta, bertemu lagi dalam satu celah waktu. Cerita Max dan Laura pun bergulir di sebuah bar terpencil di daerah West Melbourne. Keduanya bertanya-tanya tentang perasaan satu sama lain. Bermain-main dengan keputusan, kenangan, dan kesempatan. Mempertaruhkan hati di atas harapan yang sebenarnya kurang pasti.

Setiap tempat punya cerita.

Dan bersama surat ini, kami kirimkan cerita dari Melbourne bersama pilihan lagu-lagu kenangan Max dan Laura.

Enjoy the journey,
Editor
                                                                           ***
Dulu, Max dan Laura memiliki kisah di Melbourne University. Pertemuan pertama mereka pun tidak seperti cerita awal drama yang berbunga-bunga, bukan juga love-hate relationship. Semuanya dimulai oleh benda kesayangan Laura yang hilang, walkman. Cecily atau Cee, sahabat Laura, juga mengetahui masa lalu mereka berdua. Putusnya hubungan Max dan Laura karena pandangan mereka yang berbeda akan ambisi. Max tahu bahwa dia akan selalu bersama dengan cahayanya, namun Laura tidak mengetahui masa depannya.

Kembalinya Max di hadapan Laura membuat mereka kembali menyorot balik masa lalu mereka, di saat seseorang datang dalam wujud dokter hewan yang menjadi sosok spesial bagi Cee. Dokter tersebut ialah Evan. Ini adalah cerita tentang masa lalu, apakah kamu berani untuk berjalan ke masa depan atau kembali dengan masa lalumu yang penuh kenangan?

Kamis, 01 Desember 2016

Review Novel A: Aku, Benci & Cinta Karya Wulanfadi




Penulis: Wulanfadi
Tebal: 456 halaman
Terbit: November 2015 (cet. pertama)
            Februari 2016 (cet. keempat)
Penerbit: Best Media
Harga: Rp. 71.200 (bukabuku)
                                                                                ***
Ini cerita tentang Alvaro Radyana. Si Cassanova terpopuler di SMA National High. Juga Ketua OSIS yang dikagumi oleh banyak orang.

Alvaro yang 'Segalanya'.

Ini juga cerita tentang Anggia Serenia Quinindha. Si Rajin dari yang paling rajin di SMA National High. Sayangnya dia Wakil Ketua OSIS, padahal bukan itu posisi yang ia mau.

Anggia yang 'Perfeksionis'.

Alvaro menganggap Anggia lelucon, tapi Anggia selalu menganggap Alvaro rival.

Tapi, pandangan itu berubah saat Alvaro memiliki kesempatan untuk mengenal Anggia lebih jauh. Dan rasa itu tumbuh pada Alvaro sejak Anggia mengenal Alexander, teman masa kecilnya. Perasaan aneh yang seharusnya Alvaro rasakan hanya pada cinta pertamanya, Athala.

Saat masa depan membuka kesempatan baru, apa Alvaro akan mengambilnya?

                                                                                 ***
Anggia tidak menyukai Alvaro dari segala sisi. Pertama, Alvaro disukai oleh semua siswa/i di SMA National High sedangkan Anggia tidak. Kedua, Alvaro memiliki jabatan yang sudah lama diincar Anggia: Ketua OSIS. Ketiga, Alvaro mahir dalam seni musik sedangkan Anggia harus berjuang keras agar nilainya tidak menjadi merah di rapor nanti. Masih banyak lagi hal yang tidak disukai Anggia pada Alvaro.

Agar nilainya tidak kebakaran, guru seni Anggia meminta dirinya untuk belajar musik dengan Alvaro. Anggia menolaknya dengan sangat tegas, sedangkan pihak yang diminta biasa-biasa saja. Akhirnya setelah pergulatan batin, Anggia meminta Alvaro untuk mengajarinya bermain gitar. Selama proses tersebut, Anggia menyadari bahwa Alvaro tidak seburuk yang dikiranya. Apalagi perlakuannya kepada Anggia yang membuatnya mulai berpikir sekali lagi.

Saat itu, Anggia juga berkenalan dengan Alex. Ternyata Alex kenal dengan Alvaro. Segalanya semakin rumit ketika Anggia mengetahui keberadaan Athala di saat dia mulai memiliki perasaan pada Alvaro. Apa yang terjadi selanjutnya? Apakah Alvaro akan menjalani masa depannya dengan Anggia atau Athala? Lalu, bagaimana dengan perasaan Alex sendiri?

Jumat, 10 Juni 2016

[BOOK GIVEAWAY] Review Novel Look at Me Please Karya Sofi Meloni


Penulis: Sofi Meloni
Tebal: 304 halaman
Terbit: 23 Mei 2016
Penerbit: Elex Media Komputindo
Harga: Rp. 59.800
Label: CityLite
                                                                                ***
Mencintai berarti merelakan orang yang kita cintai bahagia bersama orang lain?

Omong kosong!

Cinta itu tidak melulu soal merelakan, namun juga soal perjuangan.

Bodoh namanya jika aku merelakan kamu - yang jelas-jelas pernah mencintaiku - demi wanita yang diam-diam sudah menusukku dari belakang.

Delapan tahun aku hidup dalam sebuah kebohongan yang mengatasnamakan persahabatan.

Aku bukan malaikat.

Aku juga bukan orang suci yang bisa pasrah dan menerima begitu saja apa yang telah terjadi sebelumnya.

Kini tiba saatnya untuk aku memperjuangkan kembali kelanjutan cerita di antara kita.
Kamu harus sadar bahwa aku juga ada di sini menunggumu sadar, bahwa ada akhir bahagia untuk cerita kita.

We can have our happy ending, so look at me, please. 

Laras
                                                                              ***
Laras pernah memiliki hubungan dengan Gerry. Gerry berpacaran dengan Lily. Lily adalah sahabat Laras. Semuanya berada di dalam lingkaran setan yang mengatasnamakan persahabatan dan cinta.

Laras masih memiliki perasaan kepada Gerry dan hal sebaliknya pun dipercayai oleh Laras. Namun, keberadaan Lily dipercayai mengganggu 'cerita' bahagia milik Laras dan Gerry. Ketika Laras mencoba memperjuangkan 'rasa' antara dirinya dengan Gerry, Laras terpaksa hidup dalam kebohongan yang mengatasnamakan persahabatannya dengan Lily.

Laras yang mencoba untuk kembali mempertahankan hubungannya dengan Gerry tiba-tiba diusik dengan keberadaan Remy. Apa alasan Remy mengusik Laras di setiap kesempatan yang mereka miliki? Sampai suatu kejadian yang membuat Laras menyadari, apakah benar ia masih memiliki perasaan kepada Gerry? Lalu, kebohongan apa yang menyebabkan mereka semua berada dalam satu lingkaran yang tidak bisa terpisahkan?
                                                                                ***

Review Novel Pulang Karya Tere Liye

Penulis: Tere Liye
Tebal: 404 halaman
Terbit: 16 September 2015 (Cetakan pertama)
             Februari 2016 (Cetakan ketiga belas)
Penerbit: Republika
Harga: Rp. 65.000
                                                                                ***
"Aku tahu sekarang, lebih banyak luka di hati bapakku dibanding di tubuhnya. Juga mamakku, lebih banyak tangis di hati Mamak dibanding di matanya."

Sebuah kisah tentang perjalanan pulang, melalui pertarungan demi pertarungan, untuk memeluk erat semua kebencian dan rasa sakit.
                                                                                ***
Bujang, seorang pria berumur 35 tahun, bekerja sebagai tukang pukul dan cendekiawan di keluarga Tong. Keluarga yang ditakuti oleh semua penduduk di Sumatera. 20 tahun yang lalu, sebuah kejadian membuat Bujang akhirnya bergabung dengan keluarga Tong. Sekarang, Bujang yang berusia 35 tahun sudah mendapat nama di dunia black economy, istilah yang digunakan untuk dunia ekonomi yang melegalkan bisnis yang sebenarnya ilegal.

Bujang suka mengintimidasi pihak lawannya dengan cara pintarnya walaupun tidak memakai kekerasan. Sejak pindahannya ke keluarga Tong, Bujang diperintahkan untuk menjadi orang pintar dan bukan menjadi tukang pukul, tapi tekadnya untuk belajar menjadi satu akhirnya diperbolehkan walau akhirnya jarang digunakan olehnya untuk melawan pihak oposisinya.

Sampai suatu hari, setelah kepulangannya dari suatu misi, seseorang membuat rencana yang dapat membuat keluarga Tong runtuh. Siapakah orang tersebut? Apa alasannya menghancurkan keluarga Tong? Buku ini membuktikan bahwa masa lalu akan selalu berhubungan dengan masa depan pihak yang berkaitan.

Senin, 28 Maret 2016

Review Komik Grey & Jingga: The Twilight Karya Sweta Kartika



Penulis: Sweta Kartika
Tebal: 200 halaman
Terbit: 6 Juli 2014 (Cetakan pertama)
            2015 (Cetakan ketiga)
Penerbit: m&c!
Harga: Rp. 38.000
Label: KOLONI
                                                                              ***
Jika cinta itu mudah terucap, maka takkan ada kisah cinta yang berliku.
Grey dan Jingga adalah bukti bahwa cinta adalah rasa yang sulit tersamar.
                                                                              ***
Jingga memiliki sahabat bernama Zahra. Jingga bertemu dengan Grey karena Grey selalu memperhatikannya saat sedang latihan drama. Alasan inilah yang mempertemukan Jingga dan Grey. Hal ini membuat Zahra, sahabat Jingga, gemar menyemangatinya agar berpacaran dengan Grey. Namun, Jingga juga disukai oleh Martin, 'teman' Jingga di kampusnya. Hal ini tentu membuat hubungan antara Jingga dan Grey merenggang, mulai mencoba untuk memupus perasaan di antara kedua insan tersebut. Apalagi dengan kedatangan seseorang dari masa lalu Grey, apakah Jingga dan Grey bisa mempertahankan perasaan mereka kepada satu sama lain?

Sabtu, 12 Maret 2016

Review Novel Jomblo Guidebook Karya Edho Zell dan VJ Heru

Penulis: Edho Zell & VJ Heru
Tebal: 204 halaman
Terbit: 11 Agustus 2015
Penerbit: Loveable
Harga: Rp. 49.900
                                                                                ***
Gue Edho Zell, salah satu YouTubers. Seperti yang gue bilang, gue bilang video pertama gue di YouTube itu 4 tahun silam, pas gue masih perjaka. Sekarang, gue udah nggak perjaka, tapi perawan. Buat kalian semua para subscribers akun YouTube gue, buku ini bentuk lain dari karya-karya gue di YouTube. Buat kalian yang nggak tau siapa gue, invite aja pin BBM gue, terutama cewek, ya! Soalnya gue jomblo #Eaaaa....
---
"Bro, tolong dong HP gue di tas" | "Nih" | "Dompet gue?" | "Nih" | "Pacar gue?" | "Lah? Lu kan JOM-BLO" Kemudian nangis...
---
"Kak, bantuin PR Bahasa Inggris aku!" | "Mana? Sini!" | "Nih, kalau I don't have artinya apa?" | "Aku tidak punya." | "Kalau girlfriend?" | "Pacar." | "Kalau I don't have girlfriend?" | "Gampang... artinya, Aku tidak punya... PACAR..." Langsung sedih :'(
---
Nyesek itu, pas lo dapet angpao dari sodara lo, isinya, "Maaf, Anda belum beruntung."
Lebih nyesek lo beli voucher pulsa 100 ribu, pas lo gosok, isinya,  "Coba lagi!"
---
Intinya, ini buku pegangan para jomblo, bukan buat dibaca, buat dipegang aja biar orang tau lo jomblo... Siapa tau apa yang nyangkut. Bagi yang nggak punya kuota buat buka YouTube, tinggal baca aja buku ini! "Dijamin ngakak." Semoga!
                                                                             ***

Minggu, 28 Februari 2016

Review Novel Peek A Boo, Love Karya Sofi Meloni


Penulis: Sofi Meloni
Tebal: 248 halaman
Terbit: 28 Januari 2016
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Harga: Rp. 62.000
Label: Amore
                                                                      ***
Hey, Cinta. Apakah kamu di sana? Oh, tidak? Mungkin di sini? Tidak juga ternyata. Sebenarnya kamu di mana?

Memulai kehidupan profesional tidak semudah yang kubayangkan saar aku memutuskan pindah ke Jakarta. Macet dan polusi di mana-mana, TransJakarta yang sesak, serta kopi pahit yang disordorkan rekan kerjaku tiap pagi. Belum lagi atasanku, Pak Daniel, yang kelewat misterius.

Semuanya semakin rumit saat masalah datang dan mempertemukanku kembali dengan Evan, pria yang mengajakku berkenalan di halte TransJakarta. Kejutan lainnya adalah Sam, teman chatting-ku, yang ternyata juga berada di kota yang sama denganku dan mengajak ketemuan! Entah berapa banyak lagi kejutan yang menantiku di kota metropolitan ini.

Hey, Cinta. Apa aku akhirnya akan menemukanmu di sini?

-Lulu-
                                                                       ***
Lulu adalah seorang wanita yang baru tinggal dan bekerja di Jakarta selama 6 bulan. Cindy, rekan kerjanya, selalu muncul setiap hari sambil membawa segelas kopi pahit. Daniel, atasan Lulu dan Cindy, yang misterius namun terlihat seperti bapak-bapak karena "aksesori" wajahnya yang mengatakan demikian.

Sampai suatu hari di TransJakarta, Lulu bertemu dengan Evan, pemuda yang ternyata bekerja di kantor yang sama, bedanya hanya di divisi saja. Seperti takdir, Lulu kembali bertemu dengan Evan saat rapat antardivisi. Lulu pun dekat dengan Evan yang selalu pergi barengnya dengannya, tentu saja dengan menaiki TransJakarta.

Evan pun bertemu dengan Cindy, yang menurut Evan "cantik". Hal ini pun membuat suatu perasaan baru pada Lulu, yang tidak pernah merasakan hal ini sebelumnya. Lulu pun menceritakan hal ini kepada Sam, teman chatting-nya yang tinggal di Amerika. Sampai suatu hari, Sam pun mengatakan bahwa Lulu bahwa Sam sudah berada di Jakarta dan ingin mengajaknya ketemuan. Lalu, bagaimanakah pertemuan mereka? Apakah Evan akan bersama Cindy atau Lulu? Lalu, mengapa atasan Lulu, Pak Daniel, dimasukkan dalam buku ini?

Minggu, 21 Februari 2016

Review Novel Second Heart Karya Luna Torashyngu

Penulis: Luna Torashyngu
Tebal: 352 halaman
Terbit: 14 Januari 2016
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Harga: Rp. 68.000
Label: Teenlit
                                                                       ***
Tiara mencoba melupakan peristiwa penculikan dirinya enam bulan yang lalu. Dia telah kembali bersekolah, tentu saja dengan pengawalan Andra alias Aster.

Tetapi, para penculik Tiara yang sebagian masih buron belum berhenti. Dengan bantuan Neo Indonesian State (NIS) - organisasi separatis yang bertujuan menggulingkan pemerintah yang sah dan membentuk pemerintahan baru yang sesuai dengan ideologinya - mereka menyusun rencana baru.

Di sisi lain, perubahan pimpinan dan restrukturisasi di Jatayu ternyata membuat Andra merasa tidak nyaman. Ferdi yang selalu mendampingnya dalam tugas diberi tugas lain yang membuatya harus berada di luar Bandung. Cempaka, pengganti Ferdi, ternyata tidak selalu punya pikiran yang sama dengan Andra. Belum lagi sikap Santi yang tiba-tiba memusuhi Andra karena menganggap Andra merebut anak baru yang sedang ditaksirnya, yang bernama Rafa.

Saat Andra sakit dan tidak bisa mengawal Tiara, NIS justru menyerbu masuk ke SMAN 132 dan menyandera seluruh murid, guru, serta karyawan sekolah. Tidak hanya menyandera Tiara, organisasi itu ternyata mempunyai tujuan yang lebih besar.

Mampukah Andra melindungi Tiara?
                                                                        ***
Setelah kejadian penculikan Tiara 6 bulan yang lalu, keadaan Indoensian pun aman dan tenang saja. Namun, banyak kejadian kecil yang terjadi di bagian kampung Bandung yang melibatkan penangkapan anggota NIS (Neo Indonesian State), sebuah organisasi yang berniat untuk menggulingkan Pemerintah dan mencoba untuk mengubah ideologi bangsa Indonesia.

Pada suatu hari, ada anak baru bernama Rafa yang ditempatkan di kelas Tiara dan Andra. Rafa adalah sosok misterius yang selalu membaca buku Dark Story, suatu buku yang telah dilarang untuk diedarkan di asaran oleh pemerintah. Hal ini tentu membuat Andra curiga, setelah mendapat bocoran dari seseorang bahwa sudah ada seseorang yang menyusup ke dalam sekolah SMAN 132.

Andra semakin curiga dengan Rafa yang mendekati dia dan bahkan berniat untuk memberitahukan siapa penulis dari buku Dark Story. Belum cukup dengan semua itu, saat Andra sedang sakit, tiba-tiba saja organisasi NIS membajak sekolah SMAN 132, menyebabkan Tiara yang berada di dalam sekolah itu tidak bisa pergi ke mana-mana, lantaran banyak orang yang berpikir bahwa tujuan utama mereka datang ke SMAN 132 adalah untuk menyandera Tiara.

Lalu, bagaimana dengan kelanjutan kisah mereka? Apakah Tiara akan selamat? Bagaimana caranya sedangkan Andra sakit? Apakah Rafa memiliki kaitan dengan kejadian pembajakan tersebut? Lalu, apa peran Cempaka dalam cerita ini? Dan, apakah benar bahwa Tiara merupakan penyebab NIS membajak SMAN 132 dan bukan alasan lain? Simak kelanjutannya di Second Heart!

Jumat, 12 Februari 2016

Review Novel Memories By Lang Leav

Author: Lang Leav
Pages: 256 pages
Published: 6 October 2015
Publisher: Andrews McMeel Publishing
Price: $12.63 (Amazon) / IDR 255,000 (Periplus)
Format: Hardcover
                                                                      ***
Best-selling poet Lang Leav presents a gorgeous hardcover gift book featuring the best of "Lullabies" and "Love & Misadventure" plus thirty-five new poems for fans to discover, along with original illustrations by the author.

For fans of Lang Leav, this beautiful gift book is a must-have beloved pieces from "Lullabies" and "Love & Misadventure" are collected together in this illustrated treasury. In addition, 35 new poems that have not been published in any Lang Leav collection offer something new to discover. The author's original art is presented in lovely four-color illustrations.

Lang Leav's evocative poetry in a gorgeous package with ribbon marker and cloth spine is an irresistible gift for any poetry lover!
                                                                       ***
It was words that I fell for. 
In the end, it was words that broke my heart.                

Minggu, 07 Februari 2016

Review Novel 7 Hari Menembus Waktu Karya Charon

Kaver lama THMW

Kaver baru yang lebih 'marketable'
Penulis: Charon
Tebal: 176 halaman
Terbit: 3 Maret 2010 (Cetakan pertama)
            25 Mei 2015 (Cetakan ketujuh, kaver baru)
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Harga: Rp. 40.000
Label: TeenLit
                                                                       ***
Marissa kesal ketika harus ikut ayahnya ke Gedung Albatross, karena itu berarti ia akan bertemu Michael, mantan pacarnya, dan Selina, musuh bebuyutan yang telah merebut Michael dari sisinya.

Frustasi oleh situasi, tak sadar Marissa menangis di depan sebuah lukisan dan bergumam seandainya saja ia bisa menghilang.

Dan ia... betul-betul menghilang! Terlempar ke masa dua puluh tahun silam, saat ia belum lahir, saat orangtuanya masih beum berpacaran.

Bersama William, anak kecil yang ditemuinya di masa itu, Marissa mengalami hal-hal lucu dan menyenangkan, hal-hal yang akan mengubah kehidupan gadis itu dan William di masa depan.
                                                                       ***
Marissa kesal saat bertemu kembali dengan Michael, mantan pacarnya, di Gedung Albatross. Oleh sebab itu, dia berjalan melewati aula dan melihat sebuah lukisan yang 'katanya' dapat mengabulkan permohonan. Marissa pun berharap bahwa dia gedung tersebut tidak pernah dirancang agar dia tidak bertemu kembali dengan Michael dan Selina! Lalu, yang terjadi adalah Marissa yang kembali ke tahun 1988.

Tahun dimana orangtuanya masih berstatus mahasiswa yang sebenarnya memiliki perasaan satu sama lain, namun dipisahkan oleh pacar ibunya. Marissa pun ditemani William, seorang anak kecil yang tinggal bersama seorang tante yang tidak memperhatikannya.

Lalu, karena suatu lain hal, orangtua Marissa bertengkar dan tidak mau bertemu lagi. Hal ini tentu membuat Marissa khawatir, karena jika orangtuanya tidak menikah, maka Marissa tidak akan lahir di masa depan! Apakah Marissa berhasil membuat orangtuanya bersatu kembali dalam waktu satu minggu? Lalu, bagaimanakah kisah William yang kurang kasih sayang dari tantenya, satu-satunya anggota keluarga yang dia miliki?
                                                                     ***